Cari Blog Ini

Welcome to my blog brow!!!

Minggu, 25 Desember 2011

Merawat Mesin Diesel

Automotive Share | Merawat Mesin Diesel | topbengkel.blogspot.com SELAIN ekonomis, mobil bermesin diesel juga dikenal bandel dan tahan banjir. Apalagi pemilik mobil di daerah seperti Jakarta yang kerap kali tergenang. Tentu saja ketahanan ini berbeda dengan mesin bensin yang rentan terganggu pada sistem pengapian.
Karena itulah, kini pemakaian mesin diesel mulai marak. Namun kadang masih saja ada anggapan yang mengalir bahwa mobil bermesin diesel itu rumit dalam perawatan. Padahal mesin diesel bila dipergunakan untuk jarak jauh, semakin panas semakin bagus..

Ada beberapa kiat untuk menjaga mesin diesel aman melaju. Memang mesin penting, tetapi yang teramat penting adalah orang yang membuat, memelihara dan menjalankannya.
Berikut kiat pemakaian dan perawatan bagi pemilik kendaraan bermesin diesel :1. Pemakai mobil diesel jangan terburu menjalankan mesin diesel sebelum dilakukan pemanasan. Mesin diesel harus dipanasi sedikitnya lima menit.
2. Yang paling utama adalah jangan sampai tangki solar kosong. Disarankan saat tangki berisi 1/3 dari kapasitas, harus segera diisi kembali. Jika tangki kehabisan solar, pemakai harus memompa injection pump karena sifat solar tidak menguap.
3. Bila terjadi kerusakan parah pada injection pump, sebaiknya langsung dibawa ke
bengkel, jangan melalui montir sembarangan. Perbaikan harus dilakukan di bengkel khusus
mesin diesel.4. Filter udara harus rajin dibersihkan minimal setiap 20 km. Sebab debu adalah musuh
utama dari mesin diesel. Debu yang masuk ke ruang mesin mempercepat keausan pada ruang bakar karena debu akan menjadi bahan pengasah antara selinder dengan ring
piston.
5. Selain filter udara, filter solar juga harus diperhatikan kebersihannya. Bila
rusak harus segera diganti. Jangan ditunda-tunda, harus terbebas dari sampah supaya tidak terjadi penyumbatan.
6. Disamping setiap pagi harus membuang air dari saringan solar maka scara rutin dianjurkan membersihkan saringan solar dan diganti setelah menempuh 16.000 km.7. Terakhir, Baterey (Accu), kabel- kabel dan busi. Meski mesin disel bisa dihidupkan
tanpa ketiga bagian ini, yakni dengan cara ditarik mobil lain namun hal itu tentu
tidak dilakukan setiap hari. Akan terasa aneh, setiap hari harus ditarik baru mesinnyahidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar