Cari Blog Ini

Welcome to my blog brow!!!

Jumat, 16 Desember 2011

Mazda2 Hybrid Dipasarkan 2013





Automotive Share |  Mazda2 Hybrid Dipasarkan 2013 | mazda mengikuti jejak produsen mobil Jepang lainnya bermain di kendaraan listrik. Mobil yang ditawarkan Mazda2 (Mazda Demio) hybrid dan siap dipasarkan pada 2013. Lantas, seperti apa teknologi yang jadi andalan?

Untuk tenaga listrik sebagai penggerak, Mazda memakai teknologi "Hybrid Synergy Drive" (HS punya Toyota. Sedang mesin konvensionalnya masih bawaan Mazda2 yang berkapasitas 1.5 liter.
Meski pengembangannya memakan waktu 18 bulan, tak ada yang istimewa atau lebih spesial dari Toyota Prius. Saat kunci kontak diposisi "On" muncul tanda "siap" berwarna hijau pada panel instrumen. Pengemudi tinggal menurunkan rem tangan dan menggeser tuas persneling ke D, tekan pedal gas mobil pun jalan.

Sistem pengisian baterai masih sama, di antaranya dari deselerasi dan pengereman. Hanya, dari markas Mazda di Hiroshima belum membeberkan spesifikasinya. Seperti akselerasi 0-100 km/jam, menurut para insinyurnya sama dengan mesin 1,5 liter empat silinder.

"Karena Zoom-Zoom merupakan strategi merek, maka kita ingin mendapatkan akselerasi yang baik," Yoshiaki Anan, staf manajer divisi pengembangan Mazda.
Tak cuma akselerasi, tenaga pada motor listrik pun masih disembunyikan. Namun diperkirakan antara Mitsubishi i-MiEV dan Nissan Leaf, yakni kisaran 49kW sampai 90kW. Mengenai daya tahan baterai, menurut Manajer Program Divisi Manajemen Mazda Mitsuru Fujinaka, targetnya sampai 200 km dari kondisi penuh. Sebenarnya, lanjutnya bisa lebih dari itu, tergantung kinerja baterainya.

Untuk mengisi ulang baterai, kata Fujinaka hanya butuh waktu 30 menit (jika listriknya 220). Tapi, jika prosesnya menggunakan stop-kontak standar (110) memakan waktu 8 jam.

Sebelum dipasarkan pada 2013, tahun depan Mazda akan menyewakan Mazda2 hybrid dalam jumlah kecil kepada pemerintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar