Cari Blog Ini

Welcome to my blog brow!!!

Rabu, 27 Juni 2012

suspension

The suspension system  is located between the vehicle body and wheels, and are designed to absorb (reduce) the shock of the road surface so that adds comfort andvehicle stability and traction capabilities mamperbaiki wheels against the road.

Suspension consisting of springs, shock absorbers, stabilizer, and so forth. In general,suspensions can be classified into rigid type suspension (rigid axle suspension) and thetype of free (Independent spring

Mekanisme kopling

Author: Rendy JURIG




tabel kopling 123

rangkaian klakson

klakson berfungsi sebagai alat komunikasi antar pengendara kendaraan bermotor.
Rangkaian klakson dapat dilihat pada gambar berikut:























keterangan :
A/85 dihubungkan ke massa
B/86 dihubungkan ke saklar klakson

ANALYSING DAMAGE CAR ALTERNATOR

Alternator damage seen in the function of the battery (batteries) to provide electricalenergy. Damage to the alternator is usually not directly visible. But the result would likelybe seen on the function of the battery (batteries) to provide electrical energy for the car electrical system. Since the function of the alternator to generate electrical energy fromthe engine rev. The following analysis of possible damage that could occur on thealternator.

1.Baterai (battery) but the machine can not fill distarter

differential

Automotive Share | Deferential | topbengkel.blogspot.com
Penggerak Sudut
1. Bagian – bagian poros penggerak aksel


1. Rumah Penggerak Aksel
2. Gigi Pinion
3. Gigi Korona
4. Gigi Kerucut Samping/Matahari
5. Rumah Differensial
6. Poros Gigi Kerucut Antara
7. Gigi Kerucut Antara/Planet
8. Mounting Rumah Penggerak aksel
9. Tutup Debu
10. Poros Aksel
11. Penghubung Bola/Penghubung CV
12. Bantalan Rumah Diferensial
13. Bantalan Poros Pinion
14. Sil Oli

V V T-i

di Indonesia mobil–mobil baru banyak menggunakan mesin dengan sistem penggerak katup,seperti VVT-i, VTEC, VVT,MIVEC,VANOS dan lain-lain.
Nah kali ini saya akan membahas tentang sistem VVT-i .

VVTI

Apa itu VVT-i ?

Empat Pemicu Mesin Mobil Mati dan Pencegahanya

Automoive Share | Empat Pemicu Mesin Mobil Mati dan Pencegahanya | topbengkel.blogspot.com

Mencegah lebih baik daripada mengobati, demikian pula dengan mobil. Kerusakan mesin mobil tergolong dalam tiga bagian, mulai dari yang ringan, sedang, hingga berat. Nah, untuk kerusakan berat, ada empat penyebab utama (untuk mesin non-turbo).

BMW 1 2009 Coupe



BMW Corp. adalah mobil yang dirilis BMW pada taun 2009. BMW terbaru ini merupakan penyempurnaan yang dilakukan terhadap seri-1.
Mobil ini merupakan hasil riset panjang produsen mobil asal Jerman ini terhadap produk sebelumnya.

Fuel Pump

Mechanical pump


Mechanical fuel pump, fitted to cylinder head
Prior to the widespread adoption of electronic fuel injection, most carbureted automobile engines used mechanical fuel pumps to transfer fuel from the fuel tank into the fuel bowls of the carburetor. Most mechanical fuel pumps are diaphragm pumps, which are a type of positive displacement pump. Diaphragm pumps contain a pump chamber whose volume is increased or decreased by the flexing of a flexible diaphragm, similar to the action of a piston pump. A check valve is located at both the inlet and outlet ports of the pump chamber to force the fuel to flow in one direction only. Specific designs vary, but in the most common configuration, these pumps are typically bolted onto the engine block or head, and the engine's camshaft has an extra eccentric lobe that operates a lever on the pump, either directly or via a pushrod, by pulling the diaphragm to bottom dead center. In doing so, the volume inside the pump chamber increased, causing fuel to be drawn into the pump from the tank. The return motion of the diaphragm to top dead center is accomplished by a diaphragm spring, during which the fuel in the pump chamber is squeezed through the outlet port and into the carburetor. The pressure at which the fuel is expelled from the pump is thus limited (and therefore regulated) by the force applied by the diaphragm spring.

EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor

 Automotive Share | EFI – Electronic Fuel Injection pada Motor | topbengkel.blogspot.com
Berbagai macam cara dan usaha yang dilakukan untuk mengurangi kadar gas buang beracun yang dihasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor seperti penggunaan BBM bebas timbal, penggunaan katalis pada saluran gas buang, dll.
Sebagaimana mesin 2 langkah yang harus digantikan oleh mesin 4 langkah, sistem karburasi manual akhirnya juga akan digantikan oleh sistem karburasi digital.
Sistem injeksi bahan bakar elektronik (karburasi digital) sudah mulai diterapkan pada mesin sepedamotor, perlahan tapi pasti akan menggantikan sistem yang sudah lama bertahan yaitu karburator (karburasi manual).
Karena mesin sepedamotor merupakan kombinasi reaksi kimia dan fisika untuk menghasilkan tenaga, maka kita kembali ke teori dasar kimia bahwa reaksi pembakaran BBM dengan O2 yang sempurna adalah:
14,7:1 = 14,7 bagian O2 (oksigen) berbanding 1 bagian BBM
Teori perbandingan berdasarkan berat jenis unsur, pada prakteknya perbandingan diatas (AFR – Air Fuel Ratio) diubah untuk menghasilkan tenaga yang lebih besar atau konsumsi BBM yang ekonomis.
Karburator juga mempunyai tujuan yang sama yaitu mencapai kondisi perbandingan sesuai teori kimia diatas namun dilakukan secara manual. Karburator cenderung diatur untuk kondisi rata-rata dimana sepedamotor digunakan sehingga hasilnya cenderung kearah campuran BBM yang lebih banyak dari kebutuhan mesin sesungguhnya.
Untuk EFI karena diatur secara digital maka setiap ada perubahan kondisi penggunaan sepedamotor ECU akan mengatur supaya kondisi AFR ideal tetap dapat dicapai.
Contohnya: Pada sistem Karburator ada perbedaan tenaga jika sepedamotor digunakan siang hari dibandingkan malam hari, hal ini karena kepadatan oksigen pada volume yang sama berbeda, singkatnya jumlah O2 berubah pasokkan BBM tetap (ukuran jet tidak berubah).
Hal ini tidak terjadi pada sistem EFI karena adanya sensor suhu udara (Inlet Air Temperature) maka saat kondisi kepadatan O2 berubah, pasokkan BBM pun disesuaikan (waktu buka injector ditambah atau dikurangi). Jadi sepedamotor yang menggunakan EFI digunakan siang atau malam tetap optimum alias tenaga tetap sama.